Wednesday, May 30, 2007

Mudahkah Pengguna Komputer Rambutnya Rontok?

Kali ini Vhie mau bagi -bagi sedikit ilmu buat kalian tentang bahaya kerontokan rambut pada pengguna komputer.

Pada zaman modern sekarang, para pengguna komputer duduk berjam-jam dengan memanfaatkan internet, ada yang khusus bekerja, ada yang hanya main game, kebiasaan ini mudah menyebabkan kepenatan jiwa raga, sehingga sistem saraf pusat berada dalam keadaan tegang dalam jangka panjang, mudah menyebabkan kekacauan saraf vegetatif, penciutan pembuluh darah kulit dan kehilangan fungsinya, penciutan pembuluh darah di bagian kulit kepala menyebabkan berkurangnya volume suplai darah, menyebabkan malnutrisi lubang rambut di kulit, menyebabkan perangsangan kulit otak besar, selalu tegang dan menimbulkan kerontokan rambut.

Pakar mengusulkan, kalau mengalami keadaan itu para pengguna komputer dianjurkan jangan cemas, paling baik bersantai-santai dengan meninggalkan komputer untuk sementara, juga dapat mensuplai gizi rambut melalui mengkonsumsi makanan yang bermanfaat misalnya wijen hitam dan walnut yang kaya mengandung vitamin A dan B6.

Vitamin A dapat memelihara fungsi normal organ kulit kepala, mengurangi lemak yang mengendap di lubang rambut di kulit, sehingga mendorong pertumbuhan normal rambut kepala. Sedangkan vitamin B6 mempunyai peranan penting bagi penyesuaian kembali persenyawaan asam lemak dan pengekangan sekresi lemak. Yang perlu diperhatikan ialah kebanyakan badan orang yang rambutnya sering rontok itu kekurangan zat besi, maka, mereka dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang kaya mengandung zat besi seperti kacang kedelai dan pocai.

Sudah tentu, kalau kondisinya mengizinkan, konsumsilah sedikit Polygonum multiflorum, ramuan obat yang dapat menguatkan organ ginjal. Menurut ilmu kedokteran tradisional Tiongkok, fungsi ginjal yang kuat bermanfaat bagi kesehatan rambut kepala.

Selain itu, kerontokan rambut mungkin juga berkaitan dengan mutu tidur seseorang, orang yang sering bergadang dan bekerja lembur di malam hari mudah rontok rambutnya. Para pengguna komputer juga dianjurkan tidur siang dalam rangka menyesuaikan kembali kekacauan jam biologis. Sementara itu, meredakan rasa tegang dan gelisah, memelihara sikap gembira dan santai, semuanya itu bermanfaat untuk memperbaiki gejala kerontokan rambut.

Ariesthy With Love (^_^)

No comments: